Resep Nasu Itik Palekko Khas Bugis yang Sedap

Advertisement

Resep Nasu Itik Palekko Khas Bugis yang Sedap – Setiap daerah di nusantara pastinya memiliki resep masakan dengan cita rasa tradisionalnya sendiri. Untuk daerah Sulawesi Selatan tepatnya kabupaten Pinrang maka nasu palekko adalah salah satu yang paling digemari. Masakan ini digemari karena sensasi rasa pedasnya yang menggigit. Belum lagi sensasi rasa itik yang memiliki rasa gurih dan berbeda dari daging ayam. Karena itulah masakan ini pasti akan sangat pas dijadikan pilihan bagi pecinta masakan pedas.

Masakan ini juga menjadi salah satu menu favorit saat lebaran tiba. Terlebih lagi masakan ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan juga proses pembuatan yang sangat praktis. Untuk bahan dasarnya yaitu itik tentu saja kita tidak bisa sembarangan dalam memilih itiknya. Sebaiknya kita memilih itik muda karena itik tua dagingnya cenderung bertekstur keras. Itik muda ini perlu untuk dicuci dengan air kemudian dicampur dengan air asam jawa.

nasu itik palekko khas bugis

Penggunaan air asam jawa ini sangat penting agar bau amis dari itik tidak lagi tercium. Setelah bau amis pada itik hilang maka kita hanya tinggal memisahkan kulit dengan daging itik. Kulit itik perlu untuk dipisah karena kulit inilah yang kemudian akan digunakan sebagai minyak untuk menggoreng. Pastinya minyak yang dihasilkan dari kulit itik akan lebih gurih dan lezat untuk membuat masakan.

Tak sabar untuk mencicipi cita rasa pedas nasu itik palekko ini bersama keluarga? Cobalah membuatnya berdasarkan ragam bahan dan langkah-langkah pembuatan di bawah ini:

Advertisement

Resep Nasu Itik Palekko

Bahan-bahan:

  • 1 ekor itik muda, bersihkan itik lalu potong kecil-kecil
  • 2 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • 200 ml air asam jawa
  • 300 ml air
  • 5 sdm minyak goreng
  • 10 siung bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 30siung cabe rawit hijau yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt kunyit bubuk

Cara Membuat Nasu Itik Palekko :

  1. Ambil itik muda yang sudah dipotong-potong kemudia lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan itik selama sekitar 10 menit agar bumbu meresap. Setelah 10 menit berlalu, cuci daging itik di bawah air yang mengalir kemudian tiriskan.
  2. Baluri itik dengan 100 ml air asam jawa, 1/4 sdt kaldu ayam bubuk dan juga garam yang tersisa. Remas-remas daging itik kemudian diamkan kembali selama sekitar 10 menit.
  3. Siapkan wajan dan  tuang minyak goreng. Masukkan itik serta bumbu perendam. Aduk hingga rata dan terus masak sampai daging itik berubah warna. Tuangkan air dan kemudian masak sampai daging itik benar-benar empuk.
  4. Tuangkan sisa air asam jawa, bawang merah, cabe rawit hijau, kunyit bubuk, sisa kaldu ayam bubuk dan kemudian aduk sampai merata. Masak terus hingga air menyusut.
  5. Saat daging itik matang merata dan kuah menyusut, matikan api. Angkat masakan dari wajan.
  6. Siapkan mangkuk saji dan kemudian tata masakan dengan rapi
  7. Masakan nasu itik palekko ini akan sangat pas jika disajikan saat masih hangat.

Itulah Resep Nasu Itik Palekko Khas Bugis yang Sedap yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lewatkan resep masakan lezat lainnya seperti resep nasi goreng seafood spesial dan Resep Asam Padeh Ikan Baung hanya di resepmasakanpedia.com.

Selamat menikmati 😀

Resep Masakan Rekomended