Resep Empal daging ala Nana

Resep Empal daging ala Nana . Ya, empal daging ini begitu menggugah selera karena memiliki perpaduan cita rasa gurih, manis, asam, dan bertekstur empuk. Salah satu masakan tradisional ini, juga mudah dibuat lho. Pastinya empal daging cocok untuk disajikan sebagai menu favorit keluarga.

Dan yang kedua adalah rebus terlebih dahulu daging hingga agak empuk, baru di iris-iris. Memang dalam memasak daging empal membutuhkan proses lama, namun sebanding kok dengan rasanya yang sempurna. Nah buat kamu yang penasaran ingin mencoba memasak daging empal dengan sensasi rasa yang berbeda, yuk langsung saja simak lima resep olahan daging empal yang rasanya gak bikin membosankan. Punya rencana bikin Empal daging ala Nana menggunakan 15 bahan dan 4 langkah mudah. Yuk kita coba masak ini.

Bahan yang dibutuhkan: Empal daging ala Nana

  1. 1/2 kg daging sapi (iris kecil ketebalan 1 atau 2 cm lalu pukul2 sedikit dengan cobek sampai agak gepeng).
  2. 1 kotak santan kara kecil 65ml.
  3. 1/2 keping gula merah.
  4. 3 sdm air perasan asam jawa.
  5. 1/2 sdt totole kaldu jamur (boleh diganti masako dsb).
  6. 3 lembar daun jeruk.
  7. 1 lembar daun salam.
  8. 1 bh sereh digeprek.
  9. 1 lengkuas kecil digeprek.
  10. secukupnya garam merica dan gula.
  11. bumbu yang dihaluskan.
  12. 8 siung bawang merah.
  13. 4 siung bawang putih.
  14. 2 butir kemiri.
  15. 1 sdm ketumbar.

Sayuran bisa menjadi hidangan pelengkap saat mengonsumsi daging. Agar lebih segar dan nikmat, Anda bisa menyajikannya dalam sajian jus sehat. Menurut saya lebih cepat empuk dibandingkan dengan diutuhin,. Kalau punya stok daging sapi di kulkas, banyak orang sering bingung akan mengolahnya menjadi masakan apa.

Begini Cara Pembuatan Empal daging ala Nana

:

  1. Rebus daging yang sudah diiris dan digeprek terlebih dahulu dengan air biasa hingga setengah matang (sekitar 10-15 menit) agar saat dimasak daging sudah cukup empuk. angkat, pisahkan kuah rebusan (jangan dibuang)..
  2. Tumis seluruh bumbu halus, tambahkan, gula merah, sereh, lengkuas, daun jeruk, daun salam dan semua bumbu2 yang tersisa. jika sudah harum masukkan santan dan air kaldu daging (maksimal 500ml saja, jangan terlalu banyak kaldunya agar air cepat menyusut)..
  3. Masukkan daging, ungkep hingga air menyusut dan meresap semua ke dalam daging..
  4. Jika sudah kering dan menyusut, angkat, daging siap digoreng. goreng hingga kecoklatan, angkat, lalu sajikan. empal siap dinikmati dengan sambal goreng dan nasi panas..

Selain rendang, banyak resep daging sapi kekinian lain yang bisa dimasak. Beberapa di antaranya bahkan mungkin lebih praktis dan nggak makan waktu lama di proses pembuatannya. Cobalah resep empal daging berikut untuk disajikan dengan sepiring nasi hangat dan juga sambal. Rasa empal daging yang gurih, manis dan kadang pedas memiliki cita rasa sendiri bagi kuliner nusantara. Bahkan tidak hanya rasanya yang lezat, tekstur daging empal juga sangat empuk karena melewati proses penumbukan terlebih dahulu.
www.resepmasakanpedia.com

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.