Resep Empal Daging Sapi Gepuk

Resep Empal Daging Sapi Gepuk . Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya. Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk (dipukul-pukul) terlebih dahulu.

Kuliner ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat nikmat. Salah satu ciri khas dari empal gepuk ini adalah daging sapinya yang sangat empuk. Tekstur empuk tersebut didapatkan karena proses perebusan serta penumbukan pada. Punya rencana bikin Empal Daging Sapi Gepuk menggunakan 8 bahan dan 5 langkah mudah. Yuk kita coba buat hidangan.

Bahan yang dibutuhkan: Empal Daging Sapi Gepuk

  1. 500 gram daging sapi.
  2. Bumbu halus.
  3. 2 sdt ketumbar.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. 5 siung bawang merah.
  6. Lada bubuk.
  7. Garam.
  8. Gula merah atau gula putih.

Umumnya daging sapi yang digunakan pada hidangan ini adalah daging sapi bagian gandik atau sengkel. Gandik sendiri terletak di paha sapi bagian belakang. Menurut saya, empal gepuk merupakan masakan Nusantara berbahan daging sapi yang disukai banyak orang setelah rendang. Resep gepuk daging sapi merupakan resep masakan empal daging sapi yang menjadi menu lauk pauk enak dan lezat.

Cara pembuatan Empal Daging Sapi Gepuk

:

  1. Cuci bersih daging, potong menjadi bagian kecil, dan rebus (saya selama 40 menit).
  2. Haluskan seluruh bumbu sambil sesekali koreksi rasa.
  3. Gepuk daging yang sudah direbus.
  4. Rebus kembali daging bersama bumbu halus dengan api sedang menuju kecil hingga air hampir habis.
  5. Goreng empal hingga berwarna kecoklatan dan sajikan.

Cara membuat masakan daging sapi gepuk ini cukup mudah. Bunda bisa belajar membuatnya secara lengkap. Mulai tahap memilih bahan daging sapi hingga bumbu gepuk. Empal ( Gepuk ) adalah kuliner masakan dari bahan daging sapi yang diolah dengan cara daging sapi direbus terlebih dahulu dengan bumbu sampai empuk yang kemudian digoreng. Empal gepuk daging sapi disetiap daerah memiliki ciri khas tersendiri termasuk gepuk empal khas sunda bandung.
www.resepmasakanpedia.com

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.