Resep Wedang Coro Hangat yang sedap

resepmasakanpedia.com | Resep Wedang Coro Hangat.

Wedang Coro adalah minuman khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sekilas namanya mirip dengan nama minuman dari Kota Jepara yaitu Jamu Adon-Adon Coro tetapi sebenarnya tidak ada persamaannya, bahkan berbeda sekali bahan-bahannya dan rasanya dengan Minuman Khas Jepara. Kajaba hangat, wedang coro uga nduweni rasa sing enak lan nikmat.

Resepnya merupakan perpaduan santan, air jahe, dan kelapa parut. Jika adon-adon coro sangat kental dan nyaris seperti bubur, wedang blung lebih cair. Selain itu, merica bubuk dan santan juga ditambahkan sebelum menikmati adon-adon coro. Mau masak Wedang Coro Hangat menggunakan 12 bahan dan 6 langkah mudah. Langsung saja kita coba buat hidangan ini.

Untuk membuat Wedang Coro Hangat kita harus mempersiapkan bahan berikut:

  1. 300 gr jahe merah gepuk, bisa jahe emprit yang lebih pedas.
  2. 3 batang sere gepuk.
  3. 7 _10 pekak (bunga lawang).
  4. 10 sdm tepung beras, saya pake rosebrand.
  5. 10 sdm tepung ketan putih, saya pake rosebrand.
  6. 2 sachet Santan kara instan @65ml.
  7. 400 gr gula aren yang diiris.
  8. 10 sdm gula pasir.
  9. 1 sdm garam.
  10. 1-2 sdm merica bubuk(tergantung selera, kalo saya pake 2sdm karena akan terasa hangat saat diminum).
  11. 2,5 Liter air.
  12. 1 buah Kelapa muda yang dibersihkan kulit ari nya.

Manfaat wedang jahe tidak hanya bisa menghangatkan tubuh, namun manfaat jahe juga bisa menyehatkan tubuh hingga mengurangi risiko penyakit berbahaya. Wedang ronde adalah minuman hangat khas dari Jogja yang memiliki banyak penggemar. Dari mulai anak-anak, orang tua dan juga anak muda tentu saja banyak yang suka dengan wedang ronde yang. Wedang memiliki arti yaitu minuman hangat.

Cara membuat Wedang Coro Hangat

:

  1. Siapkan bahan.
  2. Potong kecil kecil kelapa muda, seperti dibawah ini.
  3. Rebus air, masukkan gula aren gula pasir sere jahe bunga lawang/pekak dan garam. aduk hingga gula larut dalam air.
  4. Sementara larutkan tepung beras tepung ketan putih dan merica bubuk dalam mangkok aduk sampai tidak ada gumpalan tepung. Apabila Rebusan wedang coro sudah mendidih, tuang santan dan larutan tepung kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak ada gumpalan..
  5. Aduk aduk hingga merata, lalu masukkan potongan kelapa muda.
  6. Apabila rebusan Wedang diaduk sudah terasa berat dan sedikit mengental, tes rasa. Ciri wedang Coro ini terasa full rempah dan ketika diminum hangat ditenggorokan. kalau kurang manis bisa ditambahkan gula sesuai selera. Lalu matikan api dan disajikan selagi hangat, buang rempah2 yang tak terpakai (jahe sere dan pekak).

Wedang yang paling umum di Indonesia terbuat dari jahe yang punya citarasa pedas sekaligus memberikan sensasi hangat dari senyawa zingeron yang. Wedang ini merupakan racikan dari ramuan yang sangat luarbiasa yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres karena dapat membuat nyaman serta merelaksasi lewat aromanya. Secangkir wedang jahe paling enak dinikmati hangat-hangat. Makin enak lagi kalau aromanya Berikut beberapa tips dan trik praktis untuk mengolah jahe jadi wedang hangat yang siap dikreasikan. Resep Wedang Bandrek Jahe khas Jogja ini sangat nikmat jika diminum saat kondisi hujan.

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.