Resep Sayur Asam Tulang Pipih

Resepmasakanpedia.com.

Karena kemarin sayur bayam masih ada lebihannya, jadi aku buat tumis aja nih sore ini. Siapa sih yang engga suka bayam, pasti seneng dong semua hihi. Enak nih pake ikan asin dan tempe goreng dan sambel 🤤.

Karena menggunakan ikan patin, maka sayur ini mempunyai kuah yang berlemak. Penduduk Banjarmasin biasanya menambahkan campuran timun, kacang panjang, dan gol pada ikan patin gangan asam. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem. Punya rencana bikin Sayur Asam Tulang Pipih, cuma pake 17 bahan dan 3 langkah mudah. Langsung saja kita coba buat makanan ini.

Untuk memasak Sayur Asam Tulang Pipih berikut yang harus disiapkan:

  1. 300 gram tulangan ikan pipih.
  2. 10 buah kacang panjang.
  3. 1 buah timun (kupas kulitnya).
  4. 4 siung bawang merah.
  5. 3 siung bawang putih.
  6. 3 buah kemiri.
  7. 3 lembar daun salam.
  8. 1 ruas jari kunyit.
  9. 1 buah serai (geprek).
  10. 1/2 ruas jari jahe.
  11. 1/2 sdt asam jawa.
  12. 1/2 sdt ketumbar.
  13. 3 sdm minyak goreng.
  14. Penyedap rasa.
  15. Gula pasir.
  16. Garam.
  17. Air.

Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Khasiat dan manfaat Caisim / Sawi hijau Brassica campestris L. var. oleivera D. Daun tunggal, bentuk lonjong, tepi rata sampai bergerigi, ujung tunpul, pangkal meruncing, warna hijau kekuningan, mahkota warna kuning. Buah polong bulat memanjang, warna hijau.

Cara membuat Sayur Asam Tulang Pipih

  1. Haluskan bawang, ketumbar, Kemiri, kunyit dan jahe. Iris dan potong sayuran cuci bersih.
  2. Tumis bumbu halus bersama serai, asam jawa dan daun salam setelah harum masukan ikan pipih dan tambahkan air secukupnya tunggu sampai setengah matang.
  3. Masukan kacang panjang aduk lagi sampai setengah matang kemudian masukan timun. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya tunggu sampai timun setengah matang lalu angkat dan siap dihidangkan.

Biji bulat pipih, warna kuning kecoklatan. Dikenal … Kulit melinjo kerap dijadikan sebagai campuran sayur asam atau sayur brongkos. Meski rasanya agak pahit, ternyata kulit melinjo bisa diolah menjadi beragam camilan maupun tambahan lauk yang enak dan menggugah selera. Tak hanya enak, ternyata kulit melinjo juga kaya akan manfaat. Bahkan dalam salah s Jangan lupa ya subscribe, like, komen, dan share.

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.