Resep Mie Ayam Pangsit Abang abang gerobak yang nikmat

Resep Mie Ayam Pangsit Abang abang gerobak . Mie ayam pangsit abang-abang gerobak versi rumahan ini enak banget gaes. Gak tau kenapa rasanya lebih puaass kalo bikin sendiri. Karantina dirumah bikin kangen makan mie ayam gerobakan abang-abang pinggir jalan, jangan bingung jangan gelisah, buat aja sendiri dong ya!

Semoga bisa jadi inspirasi kalian untuk masak apa biar ga bosen makan yang itu-itu aja. Mie ayam pangsit abang-abang gerobak versi rumahan ini enak banget gaes. Gak tau kenapa rasanya lebih puaass kalo bikin. Punya rencana bikin Mie Ayam Pangsit Abang abang gerobak menggunakan 36 bahan dan 8 langkah mudah. Yuk kita coba buat ini.

Bahan yang dibutuhkan: Mie Ayam Pangsit Abang abang gerobak

  1. Bahan toping ayam.
  2. 1 ekor ayam pakai kulit, (sisakan bagian dada untuk pangsit).
  3. 1 bonggol bawang putih.
  4. 10 siung bawang merah.
  5. 3 butir kemiri.
  6. 1 ruas kunyit.
  7. 1 ruas jahe.
  8. 1 ruas lengkuas.
  9. 2 lembar daun kunyit.
  10. 5 lembar daun jeruk.
  11. 3 lembar daun salam.
  12. 2 batang serei.
  13. 60 ml kecap.
  14. 50 gram gula merah.
  15. Garam.
  16. Kaldu jamur.
  17. Minyak untuk menumis.
  18. 1 gelas/100ml air.
  19. Pangsit goreng.
  20. 100 gram dada ayam tanpa tulang.
  21. 1 buah wortel ukuran sedang.
  22. 1 batang daun bawang.
  23. 2 siung bawang putih.
  24. 3 siung bawang merah.
  25. 1 butir telur.
  26. 100 gram tepung tapioka.
  27. Garam.
  28. Kaldu jamur.
  29. Merica.
  30. Kulit pangsit.
  31. Pelengkap.
  32. Mie telor (u/ bikin ifu mie).
  33. Sayur sawi hijau.
  34. Bawang goreng.
  35. Daun bawang.
  36. Kuah Kaldu ayam.

Sajikan dengan kuah bakso dan pangsit. Salah satu varian mie ayam yang juga difavoritkan oleh masyarakat Indonesia adalah mie ayam pangsit. Tambahan pangsit di atas mie ayam tentu saja akan menambah cita rasanya. Bagaimana cara membuat mie ayam pangsit yang legendaris khas Abang-Abang pinggir jalan?

Cara pembuatan Mie Ayam Pangsit Abang abang gerobak

  1. Bahan toping mie ayam. Potong kecil ayam (ukurannya sesuai selera aja), sisakan kira2 100gram bagian dada mentok tanpa tulang untuk bikin pangsit goreng..
  2. Haluskan semua bumbu untuk membuat toping mie ayam, kecuali daun2, batang sereh, dan daun bawang. Setelah bumbu halus, tumis bumbu, jangan lupa masukan daun2, dan batang sereh, tumis bumbu sampai wangi (tidak langu), setelah itu masukan potongan ayam, tumis sebentar sampai ayam berubah warna, setelah itu tambahkan 100ml air, masak sampai air mendidih, setelah air mendidih, tambahkan garam,kaldu jamur, kecap manis dan gula merah, masak sampai air menyusut dan minyak dari kulit ayam keluar.
  3. Setelah minyak ayam keluar, matikan api, ambil sebagian minyak tersebut, sebagai penganti minyak bawang putih di mie ayam gerobakan. Setelah itu, koreksi rasa dari toping mie ayam, apabila rasa sudah ok, angkat dna sisihkan.
  4. Tahap pembuatan pangsit goreng. Blender dada ayam tanpa tulang beserta daun bawang, bawang merah dan bawang putih sampai halus, setelah halus, pindahkan ke dalam wadah, tambahkan wortel yg sudah diparut kasar, 1 butir telur, tepung tapioka, garam, merica, kaldu jamur. Aduk semua adonan sampai rata. Untuk koreksi rasa, ambil sedikit adonan, panggang sebentar pada teflon sampai matang, setelah itu koreksi rasa, bagian yg kurang bisa ditambahkan.
  5. Membuat pangsit goreng, ambil 1 lembar kulit pangsit, isi bagian tengah dengan 1 sendok teh adonan, lipat segitiga, lalu lipat lagi dengan mempertemukan ujung kedua sisi dengan menekuk sedikit bagian tengahnya. (Untuk melipat kulit pangsit, bisa dilihat tutorialnya di ig, krna saya masih amatiran &masih belajar untuk membuat pangsit goreng dgn tampilan yg cantik.
  6. Selanjutnya, didihkan air, beri sedikit garam dan 1 sendok minyak goreng, setelah air mendidih, rebus pangsit selama +- 5 menit, setelah itu goreng pangsit sampai warna kecoklatan.
  7. Kuah kaldu mie ayam, rebus ceker ayam dengan 500ml air, 2 siung bawang putih geprek, 2 lembar daun salam 5 lembar dau jeruk, 1 batang daun bawang dan 2 batang daun seledri, masak sampai kaldu mendidih, tambahkan sedikit garam, tidak perlu sampai terasa garamnya hanya untuk menghilangkan bau amis saja.
  8. Setelah semuanya matang, bisa disajikan, pertama2 rebus terlebih dahulu mie telor setelah mi matang, angkat, masukan ke dalam mangkok saji, jangan lupa tambahkan 1 sendok makan minyak ayam yg taadi sudah disisihkan, aduk sampai rata, lalu tambahkan rebusan sayur sawi hijau, tambahkan toping mie ayam yg tadi, lalu terakhir tambahkan pangsit goreng. Jangan lupa taburi dengan irisan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dengan kuah kaldu terpisah.

Dengan gerobak sederhana, menu mie ayam di sini dipadukan dengan ayam berbumbu dan paduan jamur. Selain itu tekstur mie ayam di sini sedikit lebih tebal Mie ayam di sini menggunakan pangsit rebus, bakso, hingga telur. Tapi topping yang tak kalah enak juga ada ati ampela, dan tentunya ceker. Mie Ayam Abang-Abang Gerobak Biru Enak – Bisa Untuk Ide Jual от : Easy Cooking Mom Assalamu'alaikum Wr. Wb Hai teman-teman, musim hujan gini enaknya bikin yang anget-anget berkuah yah?
www.resepmasakanpedia.com

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.