Resep Rabeg wedus / Rabeg kambing part II / tulangan kambing

Resep Rabeg wedus / Rabeg kambing part II / tulangan kambing. Rabeg adalah masakan yang berasal dari Jazirah Arab, lalu menyebar di Banten yang terbuat dari daging kambing yang memakai bumbu sederhana. Rasanya gurih dan tidak terlalu berbahaya untuk yang menderita kolesterol karena makanan ini tidak memerlukan santan dalam proses pengolahannya. Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara mengolah daging kambing yang enak dan sedap, salah satunya adalah menjadikannya rabeg, makanan khas Banten yang dimasak dengan berbagai rempah dan kecap manis.

Tentang aroma kambing yang kuat, masing-masing dapur mempunyai pendekatan masing-masing. Ada yang justru membiarkan aroma hewan itu Biasanya, yang memasak rabeg tanpa jerohan akan menghasilkan masakan yang lebih harum. Bumbu dasar rabeg adalah bawang merah, bawang putih. Punya rencana bikin Rabeg wedus / Rabeg kambing part II / tulangan kambing menggunakan 22 bahan dan 5 langkah mudah. Yuk kita coba buat ini.

Bahan yang dibutuhkan: Rabeg wedus / Rabeg kambing part II / tulangan kambing

  1. 🌺 Bahan :.
  2. 1 kg daging dan tulangan kambing (me: paha dan sedikit bag.iga).
  3. 3 batang sereh memarkan.
  4. 5 lembar daun jeruk sobek sobek.
  5. 3 lembar daun salam.
  6. 1 jengkal jahe di parut (nb. ukuran besar).
  7. 1 jari telunjuk lengkuas muda di parut.
  8. 10 siung bawang merah iris iris.
  9. 7 siung bawang putih iris iris.
  10. Secukupnya kecap manis (me: bangau).
  11. Secukupnya air masak.
  12. 🌺 Bumbu halus merah :.
  13. 7 tangkai cabe merah besar.
  14. 15 tangkai cabe merah keriting.
  15. 1 genggam cengek setan / domba / merah.
  16. 1 buah tomat (boleh skip ganti dgn sedikit cuka / daging asam).
  17. 🌺 Bumbu kering sangrai (sebaikan digiling agar lebih mudah) :.
  18. 5 biji cengkeh dan kapulaga.
  19. 1 ruas jri biji pala.
  20. 1/4 sdt biji jinten (seujung sdt).
  21. 1 1/2 sdm merica biji (me : bubuk, stok hasil giling sendiri).
  22. 1 sdm ketumbar biji (me : bubuk, stok hasil giling sendiri).

Bawang merah, bawang putih, kunyit dan cabe merah diiris-iris tipis. Rabeg kambing adalah satu dari sekian masakan khas Banten yang ternama di daerahnya. Satu provinsi yang dekat dengan DKI Jakarta ini sayangnya masih Menggunakan berbagai bagian daging kambing, rabeg menjadi hidangan istimewa yang juga cocok tersaji saat Lebaran maupun Idul Adha. Rebus daging kambing, usus kambing, hati kambing, jahe, serai, dan daun jeruk hingga daging empuk dan matang.

Cara pembuatan Rabeg wedus / Rabeg kambing part II / tulangan kambing

  1. Potong tulangan kambing dan daging kambing, cuci dan rendam beberapa saat dalam air agar daging kambing mengandung sesikit air, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wajan, beri secukupnya minyak masukan bawang merah dan jahe parut tumis hingga agak layu tambahan lengkuas parut dan bawang putih tumis lagi, masukan daging kambing beri tambahan salam dan daun jeruk kayu manis aduk merata masak dengan api kecil, masak hingga daging agak berubah warna sembari di aduk sesekali..
  3. Siapkan semua bumbu (merah & sangrai) 🌺bumbu sangrai : berhubung buru buru aku ga di giling cuma pakai stok bubuk merica ketumbar dan semua biji lainnya aku biarkan gelondongan,, kalau emak mau buat tolonh di giling yaa mak biar halusnya rata😁… 🌺 Bumbu merah giling dengan minyak dab sedikit air, aat menumis beri scukupnya minyak, aku kurang minyak mak pas numis jdi minyak aku tambahi dikuali kambing😂.
  4. Campur semua bumbu dalam kuali kambing dan tambahkan kecap manis (nb. Tidak pakai gula merah / putih yaa mak,, rasa manis di ambil dari kecap) kemudian aduk merata biarkan sampai bumbu melekat pada kambing sembari terus di aduk" agar bumbu tidak gosong,. Setelah beberapa saat kemudian tambahkan air panas (me: air masak didihkan di kuali bekas bumbu) kemudian siramkan aduk jdikan satu, masak dengan api besar rebus hingga kematangan yg di inginkan (me: 2x didihan).
  5. Bila di rasa sudah cukup matang dan empuk, siapkan mangkuk dan sajikan… Bisa di sajikan dengan nasi hangat / nasi ketan / ulen (uli gemblong) yg baru jdi atau yg sudah di goreng.

Tambahkan daging kambing, usus kambing, dan hati kambing. Masukkan tomat, garam, merica, cengkih, kayu manis, pala, dan kecap. Kambing etawa merupakan jenis kambing yang berasal dari perkawinan antara kambing lokal dengan jamnapari yang berasal dari india. Kambing ini banyak di kenal masyarakat dengan sebutan peranakan etawa atau pe. Rekomendasi olahan daging kambing dari FIMELA berikut bisa menjadi inspirasi membuat hidangan hari ini. www.resepmasakanpedia.com

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.