Cara Membuat Jamu kunyit asam asem segar yang nikmat

resepmasakanpedia.com | Resep Jamu kunyit asam asem segar.

Resep Jamu kunyit asam asem segar. Sering boong dibuang ke wastafel krn waktu itu belum doyan dan belum tau manfaatnya, padahal Mami udah bikinin susah" marut kunyit sendiri. Dibanding jenis jamu lain yang cenderung pahit, kunyit asam dan sinom jadi favorit karena segar dan manis.

Keduanya sama-sama berwarna kuning karena menggunakan kunyit dan rasanya agak asam karena memakai asam Jawa. Biasanya es kunyit dipadukan dengan asam agar rasanya lebih segar dan nikmat. Es kunyit asam merupakan salah satu minuman yang banyak disukai orang dewasa, namun anak kecil pun dapat mencoba minuman yang satu ini. Mau masak Jamu kunyit asam asem segar menggunakan 6 bahan dan 8 langkah mudah. Langsung saja kita coba buat makanan ini.

Untuk memasak Jamu kunyit asam asem segar kita harus mempersiapkan bahan berikut:

  1. 400 gr kunyit.
  2. 100 gr asem jawa non biji.
  3. 250 gr gula merah (aku campur pake gula batok jg).
  4. 3500 ml air.
  5. Secukupnya gula pasir.
  6. 1 sdt garam.

Selain memiliki rasa yang segar, es kunyit asam juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Es kunyit asam dapat anda nikmati ketika siang hari, setelah Anda lelah beraktivitas. Jamu kunyit asam siap dinikmati, segar dan sehat. Jamu bisa disimpan di lemari es dalam botol kaca kalau mau minum bisa dipanaskan lagi.

Cara pembuatan Jamu kunyit asam asem segar

:

  1. Doa dulu yaa 🙂 Lalu siapkan tenaga utk ngupas karna kunyit nyampur sm yg kecil..
  2. Kupas kunyit, cuci bersih.
  3. Blend kunyit dgn air sesuai kapasitas blendernya (dikit2 aja), tuang hasil blend ke dalam panci agak besar sambil disaring. Blend sampai habis.
  4. Kalo semua sudah disaring, kunyit di blend sekali lagi, kemudian saring lagi..
  5. (kunyit masih di saringan) tuang sisa airnya ke saringan sambil di aduk2 disaring lagi yaa kunyitnya…
  6. Rebus air kunyit, lalu masukkan asam, garam, gula merah & gula pasir sampai mendidih sambil sesekali di aduk. Tes rasa..
  7. Matikan kompor. Tunggu sampai kunyit asem dingin, baru masukkan ke dalam wadah sambil disaring.
  8. Yeay jadi.. Alhamdulillah 🤗.

Pakar kesehatan mengungkapkan, penggunaan kunyit asam secara umum aman digunakan setiap hari, asal sesuai dosis dan takaran. Setiap bulan rutin bikin jamu ini. krn emang udh doyan jamu dari kecil, akhirnya ada kebanggaan bs bikin jamu sendiri. awalnya liatin mama bikin jamu, akhirnya aku coba praktekin dan hasilnya hmmm segerrr Jamu kunyit asem khasiatnya bnyk banget, yg aku rasain. Cara membuat jamu kunyit asam ramuan indonesia yang memiliki banyak khasiat dancukup aman untuk dikonsumsi dikarenakan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan. Kunyit bahan utama mengandung zat antioksidan mengurangi bau badan dan menyegarkan tubuh. cara membuat jamu kunyit asam berbahan kunyit dan asam dari jawa berkhasiat menyegarkan. Cara membuat jamu beras kencur dan kunyit asam, enak, segar dan berkhasiat.

Advertisements

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.