Asuransi Mobil All Risk

Hadirnya asuransi mobil all risk merupakan salah satu upaya dalam memastikan kendaraan lebih aman. Bila diteliti, keuntungan layanan tersebut sangat besar terlebih seseorang tidak pernah tahu kejadian apa yang akan dialami ke depan. Dengan demikian, asuransi lebih baik bila disiapkan sedini mungkin.

Bagi pengendara mobil, ada dua tipe jaminan kerusakan yang umum digunakan, yaitu all risk dan TLO. Masing-masing punya karakteristik serta biaya berbeda, sehingga patut dipelajari sebelum mulai menggunakannya. Dalam bahasan ini, pembaca akan mengetahui lebih rinci mengenai tipe all risk sebagaimana penjelasan berikut:

Mempelajari Asuransi All Risk

Berbagai kondisi kerusakan yang terjadi pada mobil berupa ringan atau rusak di atas 75% ditanggung asuransi mobil all risk. Contohnya baret, rusak karena tabrakan, maupun hilangnya mobil karena kasus kriminalitas. Berbagai kondisi tersebut bisa dijamin sepenuhnya oleh asuransi dengan catatan masih berpedoman polis yang berlaku.

Dari penjelasan di atas, tipe asuransi ini dapat dikategorikan sebagai asuransi yang sifatnya comprenhensive. Sebab, mampu menjamin perlindungan menyeluruh di mana akan sangat membantu meringankan beban bagi pemilik kendaraan. Ketentuan tersebut juga berlaku untuk bencana alam, termasuk banjir dan tsunami.

Agar dapat menerima asuransi mobil all risk, sebetulnya tidak banyak persyaratan yang diminta. Pengajuan dapat dilakukan dengan memfoto bagian kendaraan, baik tampak samping maupun depan. Sedangkan untuk persyaratan lainnya bisa dilihat pada poin-poin berikut ini:

  • Saat mendaftar sudah berumur 17 tahun ke atas.
  • Mobil yang didaftarkan asuransi mempunyai status kepemilikan yang sah.
  • Pengendara mobil memegang SIM yang masih aktif.
  • Kendaraan tidak terikat oleh tindakan kriminalitas.

Beda Layanan Asuransi TLO dan All Risk

Dalam menentukan jaminan kerusakan yang tepat kebanyakan masih awam dan menganggap asuransi all risk sama dengan TLO. Padahal keduanya bekerja berdasarkan karakteristik masing-masing, mulai dari jenis kerusakan serta biaya yang perlu dianggarkan. Dengan demikian, pengendara bisa menggunakan jenis jaminan kerusakan terbaik.

Asuransi TLO menjamin resiko rusak total atau perbaikan kendaraan mencapai 75% dan bisa lebih dari harganya. Misalnya kerugian yang disebabkan mobil terperosok, mesin mati setelah kemasukan air, dan pencurian. Pengendara dengan anggaran terbatas lebih diutamakan untuk menggunakan tipe asuransi TLO.

Dalam kondisi sebaliknya, asuransi mobil all risk menanggung kerugian ringan sampai total dengan premi yang lebih besar dibandingkan TLO. Misalnya kendaraan mobil penyok, baret, dan seterusnya. Tipe all risk ini disarankan bagi pengendara dengan ketersediaan dana yang lebih tinggi.

Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Seperti diketahui, di masa sekarang ada banyak perusahaan asuransi mobil yang menawarkan berbagai layanan. Hal tersebut bisa jadi sangat membingungkan bagi pemilik kendaraan dalam mencari asuransi yang tepat. Jangan khawatir, beberapa tips berikut bisa diterapkan supaya memperoleh layanan yang terbaik:

1. Bandingkan Polis dari Beberapa Perusahaan

Di masa sekarang akses internet dapat membantu dalam mencari informasi yang rinci, termasuk riwayat sebuah polis. Agar memperoleh asuransi all risk terpercaya, cobalah menelusuri informasi terkait beberapa polis dan layanan yang diberikan. Tujuannya agar pengendara mendapatkan asuransi mobil yang tepat.

2. Gunakan Asuransi Kendaraan dari Pihak Ketiga

Untuk meminimalkan kerugian ketika kecelakaan, pengendara dapat memilih asuransi pihak ketiga. Contohnya dalam kasus tabrakan di lampu merah, maka anggaran kerusakan kendaraan yang ditabrak akan dijamin asuransi. Meski demikian, terdapat beberapa pengecualian dalam kebijakan tersebut, misalnya mobil dikendarai pengendara tanpa SIM.

3. Bandingkan Premi Dengan Layanannya

Pada dasarnya OJK sudah menetapkan premi untuk setiap asuransi. Akan tetapi, layanan yang diberikan setiap perusahaan tentunya akan berbeda. Hal tersebut dapat menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih perlindungan, benefit, dan fitur yang terbaik.

4. Cari Asuransi yang Difasilitasi Bengkel Rekanan Cukup Luas

Umumnya pihak asuransi sudah bekerja sama dengan bengkel non-authorized. Sangat jarang ditemukan perusahaan yang memberikan kebebasan untuk memperbaiki mobil di sembarang bengkel. Agar kedepannya tidak kesulitan, sebaiknya pengendara mencari asuransi dengan bengkel rekanan atau non-authorized cukup luas.

Petunjuk Klaim Asuransi Untuk Atasi Kerugian

Peristiwa yang berakibat rusaknya kendaraan bisa saja dialami seseorang, sehingga pada situasi tersebut pengendara bisa memutuskan klaim asuransi yang terdaftar. Proses tersebut bisa dilakukan berdasarkan kondisi fisik mobil yang mengalami rusak. Supaya tidak kesulitan untuk menerapkannya, berikut informasi yang perlu dipahami:

1. Klaim Untuk Mobil Hilang Atau Rusak Parah

Kondisi rusaknya fisik kendaraan di atas 75% maupun terjadinya kehilangan tentu sangat merugikan bagi sang pemilik. Beruntungnya asuransi all risk menjamin permasalahan tersebut seiring dengan polis yang ditetapkan. Pengendara tidak perlu khawatir, sebab kerugian tersebut dapat ditekan dengan cara menerapkan klaim sebagaimana prosedur berikut:

  • Lakukan laporan hilang atau kerusakan mobil ke perusahaan asuransi secepatnya agar bisa diproses.
  • Apabila kendaraan hilang dikarenakan kriminalitas, siapkan berkas terkait data diri dan kendaraan seperti SIM, KTP, STNK, kunci mobil, dan surat kehilangan.
  • Laporkan permasalahan kendaraan ke kantor polisi terdekat untuk membuat BAP.

2. Klaim Untuk Kendaraan Rusak Sebagian

Untuk kondisi ringan atau rusak kurang dari 75% tetap dapat melakukan klaim biaya ganti rugi pada kantor penyedia asuransi. Meski pun kerusakan tersebut masih cukup kecil, tanpa adanya jaminan maka tetap dapat merugikan pemiliknya. Berikut cara klaim asuransi all risk yang harus dilakukan bagi pemilik mobil terdaftar:

  • Dokumentasikan bagian kerusakan mobil, sebab foto tersebut sangat diperlukan sebagai bukti ketika melakukan klaim.
  • Laporkan kerusakan ke penyedia asuransi melalui telepon atau email terkait kerusakan tersebut.
  • Ikuti arahan pihak asuransi terkait berkas serta langkah-langkah berikutnya.

Demikian penjelasan seputar asuransi mobil all risk mulai dari cara klaim serta tips untuk menentukan layanan terbaik yang bisa dipahami. Ketika mempunyai aset berupa mobil, tentunya setiap pengendara harus memikirkan perihal servis, kerusakan, hingga kehilangan. Adanya asuransi menjadi solusi untuk meringankan beban pengeluaran tersebut.