Asuransi Mobil Terbaik
Asuransi Mobil Terbaik

3 Jenis Asuransi Mobil Terbaik Untuk Proteksi Kendaraan Kesayangan

Memilih asuransi mobil yang tepat adalah hal yang harus diutamakan ketika melakukan pembelian mobil, khususnya yang mewah dan berharga fantastis. Pasalnya, asuransi tersebut efektif untuk melindungi dari segala macam resiko yang mungkin terjadi. Mulai dari adanya kerusakan yang sifatnya minor, sampai dengan kerusakan fatal, dan bahkan mungkin resiko terjadinya kehilangan.

Lebih lanjut, terkait asuransi mobil ini, maka sekarang tiga jenis asuransi yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan. Mulai dari yang memberikan perlindungan optimal atas segala kerusakan pada kendaraan, sampai dengan yang memberikan perlindungan dengan ketentuan kerusakan mencapai persentase tertentu saja. Supaya lebih jelasnya, langsung saja simak uraian di bawah ini dengan seksama!

1. TLO

Jenis asuransi kendaraan khususnya mobil pertama yang harus dipahami oleh para pemilik adalah TLO (Total Loss Only). Yakni sebuah program asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada kendaraan mobil yang mengalami resiko kehilangan atau kerusakan besar. Paling tidak bila ditaksir kerusakan harus lebih dari 75% untuk dapat dilakukan klaimnya. Jika tidak, maka asuransi tidak bisa dipergunakan.

Melihat jangkauan perlindungannya yang bersifat terbatas tersebut, maka tidak mengherankan jika premi bulanan untuk asuransi ini tergolong paling murah. Sehingga terkadang menjadi pilihan bagi orang yang punya kendaraan tidak terlalu mahal. Selain juga dirasa efisien bagi orang-orang yang merasa tidak terlalu beresiko untuk mengalami kerusakan atau kehilangan.

2. Comprehensive

Berbeda dengan jenis TLO, untuk asuransi tipe Comprehensive cenderung memberikan jaminan yang sifatnya menyeluruh. Mulai dari yang sifatnya ringan sampai dengan kasus berat akibat kecelakaan atau kehilangan. Sehingga untuk pengajuan klaimnya tidak harus menunjukkan bukti bahwa kendaraan mengalami kerugian sampai dengan persentase tertentu saja. Namun juga bisa dipakai untuk kerusakan yang sederhana, seperti goresan body mobil, kehilangan part tertentu, dan sebagainya.

Keuntungan proteksi yang menyeluruh tersebutlah yang membuat pengguna, khususnya pemilik mobil mahal cenderung memakainya. Lantaran, walaupun premi bulanan yang harus dikeluarkan cenderung lebih mahal, namun hal tersebut sesuai dengan perlindungan maksimal yang diberikan. Khususnya terkait resiko kerusakan ringan maupun kehilangan.

3. All Risk Plus

Terakhir namun, tidak boleh terlewatkan adalah jenis asuransi kendaraan mobil All Risk Plus. Sejatinya jenis ini menyerupai pada jenis Comprehensive yang memberi perlindungan menyeluruh dari kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan. Namun bedanya, untuk jenis ini ada perluasan jangkauan yang ditekankan untuk pemilik kendaraan dengan resiko eksternal yang besar.

Resiko eksternal yang dimaksudkan tersebut bisa datang dari apa saja. Misalnya dari kondisi sekitar tempat tinggal pemilik yang rawan terjadinya bencana alam, atau rawan terjadinya konflik masa. Sehingga diperlukan sebuah perlindungan ekstra yang tidak tercakup dalam layanan Comprehensive biasa.

Lebih lanjut lagi, melihat jangkauan layanannya yang dioptimalkan serta resikonya yang besar, maka tidak mengherankan bila akhirnya jenis ini punya premi bulanan termahal. Meski demikian, jika dicermati biaya tersebut sebanding dengan jaminan atas resiko yang dimungkinkan. Sehingga meski pemilik kendaraan mewah tinggal di wilayah dengan faktor eksternal ekstrem, tetap bisa menjaga aset kendaraannya dengan tenang.

Demikianlah tadi sejumlah informasi terkait jenis asuransi mobil terbaik yang dapat diberikan. Pemilik mobil, khususnya yang mewah dan punya harga fantastis, disarankan untuk mengasuransikan kendaraannya, supaya lebih mendapat jaminan keamanan yang optimal. Tentunya, hal tersebut harus memperhatikan jenis asuransi yang tepat, sesuai dengan prioritas kebutuhan. Terutama terkait jaminan dan premi bulanan yang harus dikeluarkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.