Asuransi Mobil Terbaik
Asuransi Mobil Terbaik

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asuransi Mobil Terbaik

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asuransi Mobil Terbaik

Ketika seseorang memutuskan untuk membeli kendaraan maka itu artinya harus siap terhadap resiko pada kendaraan. Seperti tabrakan, tergoreng bahkan jika dicuri. Jika tidak ingin rugi besar, maka kendaraan harus diberikan asuransi mobil terbaik untuk bisa menolong ketika butuh. Asuransi mobil harus disiapkan agar dapat  digunakan saat keadaan darurat.

Mengenal Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil adalah asuransi untuk perlindungan terhadap kerusakan pada mobil dengan sebab tertentu. Sebab kerusakan ini sudah dalam perjanjian polis. Ada beberapa sebab kerusakan yang tercover oleh pihak asuransi, diantaranya:

  • Ketika mobil tergelincir.
  • Mobil terperosok.
  • Terjadi tabrakan.
  • Tindakan pencurian.
  • Mobil mengalami kebakaran.

Perhitungan Premi pada Asuransi Mobil

Besar atau kecilnya premi asuransi ditentukan oleh beberapa hal. Menurut OJK faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya premi tersebut antara lain:

  • Tipe kendaraan.
  • Harga pasar kendaraan.
  • Kondisi fisik pada kendaraan.
  • Lokasi kendaraan digunakan.
  • Fungsi dan penggunaan.
  • Jenis tanggungan yang dipilih.
  • Pernah mengalami peristiwa kerugian atau tidak.

Besar atau kecilnya premi dari asuransi juga tergantung di tempat penggunaan kendaraan tersebut. Misalnya saja, jika kendaraan berada di ibu kota atau Jakarta maka resiko terjadinya kecelakaan lebih besar dibandingkan wilayah lainnya. Inilah hal yang membuat nominal premi asuransi kendaraan setiap daerahnya berbeda-beda.

asuransi mobil juga diperlukan oleh lembaga keuangan yang memberikan kredit kendaraan pada nasabahnya, jadi bukan hanya untuk individu saja. Meskipun biaya jadi lebih besar namun hal ini sudah mengcover bila terjadi hal buruk. Karena termasuk biaya premi sehingga nominal angsuran menjadi lebih besar.

Mengenal Biaya Deductible Asuransi Mobil

Ketika kendaraan mengalami kecelakaan maka tidak akan langsung diberikan penggantian kerugian atau perbaikan. Namun, pemilik mobil akan diminta membayar sejumlah uang untuk bisa klaim kemudian barulah pihak asuransi akan memberikan penggantian.

Perkejadian biaya deductiblenya rata-rata 300 ribu. Terdapat maksud sendiri dari adanya biaya pengurangan atau deductible ini. Seperti agar pemilik kendaraan harus berhati-hati ketika mengemudikan kendaraan kedepannya. Kemudian, agar tidak ada proses klaim yang nilai kerugiannya kecil sehingga melakukan klaim secara berulang-ulang.

Jenis Asuransi Mobil

Ada 2 jenis asuransi mobil, yaitu asuransi comprehensive dan TLO. Comprehensive adalah perlindungan secara penuh baik kerusakan kecil dan besar sedangkan TLO adalah perlindungan jika terjadi kecelakaan dan mobil hilang. Untuk bisa mengklaim asuransi TLO maka mobil harus memiliki kerusakan di atas 75 persen. Bila kerusakan yang terjadi dibawah 75 persen maka pengajuan klaim akan ditolak.

Persentase tersebut tidak ditentukan pengguna kendaraan, namun terdapat perhitungan tersendiri. Jika mobil tidak bisa digunakan secara normal seperti sedia kala maka itu artinya mobil sudah mengalami kerusakan sama dengan 75 persen atau bahkan di atas 75 persen.

Tentunya ini berbeda dengan mobil hilang yang dicuri. Kerugian akibat mobil hilang tentu diatas 75 persen. Namun hal ini tidak membuat pihak asuransi bisa memberikan penggantian secara penuh. Melainkan sesuai harga pasar mobil ketika terjadi kerugian.

Karena memilih asuransi mobil terbaik adalah hal yang wajib dilakukan para pemilik kendaraan. Maka berikan perlindungan pada kendaraan bermotor dengan mendaftarkannya pada polis asuransi. Dengan adanya polis asuransi membuat pemilik mobil menjadi tenang ketika berkendaraan. Pemilik kendaraan tidak akan risau jika terjadi terjadi hal-hal buruk pada kendaraan karena sudah memiliki asuransi yang bisa mengcover biayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.